Rabu, 15 Januari 2014

Pemutaran Filem


Saikaku Ichidai Onna / Cerita Pilu Dari Oharu ( 1952 )
Sutradara: Kenji Mizoguchi
Durasi: 148 Menit
Bahasa: Japanese
Subteks: Bahasa Indonesia

Agenda:
Jumat, 17 Januari 2014
Mulai pukul 18.30 WIB

Tempat:
WAFT-LAB
Pandan Green Office Lt. 2
Jl. Pandan 1A, Surabaya

Gratis!

Cerita Pilu dari Oharu adalah filem Mizoguchi yang membuat namanya dilirik di Barat. Filem ini mendapatkan penghargaan bergengsi di Festival Filem Venezia waktu itu. Berlokasi di Kyoto pada abad ke-17, filem ini menceritakan tentang seorang wanita cantik bernama Oharu (Kinuyo Tanaka) dalam rentang waktu sekitar 30 tahun. Kisah senang dan sedih diwarnai oleh datang dan perginya sosok pria yang mengisi hidupnya.
Kenji Mizoguchi dianggap sebagai salah satu sutradara yang paling memahami wanita, dengan kamera sebagai kuasnya menggambar keberadaan  Oharu dalam dunia yang didominasi oleh kuasa pria. Pergolakan raga dan batin Oharu selama periode tersebut melewati berbagai persimpangan dan pengalaman spiritual yang transendental, menuju mantra utama dalam filem ini seperti yang diucapkan Oharu “aku tidak mau apapun dari dunia ini”.

1 komentar:

  1. Hallo sinema atap....

    perkenalkan, kami bioscil dari jogja. seru, namnya, sinema atap. tintonan digelar di ruang terbuka (atap bangunan / basecamp) dengan udara segar dan film ciamik tentunya.

    mau, tanya, untuk jumat depan, film apa yang akan diputar. ingin sekali berkunjung ke sana dan menonton dan berbagi cerita bersama teman-teman sinema atap suatu waktu nanti. *semoga..

    amin.
    Salam.

    BalasHapus